Cara Merawat Motor Yang Harus Anda Perhatikan

Cara Merawat Motor Yang Harus Anda Perhatikan - Memiliki kendaraan bisa menjadi hal yang memudahkan kita untuk berjalan – jalan ke suatu tempat. Jika anda memiliki sebuah kendaraan, berikan perawatan yang maksimal pada kendraan anda agar bisa berumur panjang. Jika anda lebih memilih sepeda motor yang anda jadikan sebagai kendaraan anda, maka anda harus tahu bagaimana cara merawat motor dengan baik dan benar. Berikut ini akan kami berikan informasi cara merawat motor yang harus anda perhatikan, buat para sobat Otomotif mania.

merawat motor

  1. Selalu cek kondisi oli pada motor anda. Oli mesin pada motor menjadi bagian yang sangat penting untuk melumas komponen yang ada pada mesin motor. Jika oli pelumas berwarna kehitam – hitaman atau kelenturan daya lumas berkurang sebaiknya anda mulai menggantinya. Ganti oli mesin secara terartur dan gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  2. Cek kondisi aki motor anda. Selalu cek air accu, jangan sampai melewati batas maksimum atau batas minimum karena bisa memberikan akibat mempercepat kerusakan pada sel – sel accu dan tambahkan accu juga pada pagi hari. Jangan biarkan baterai pada accu melemah, lebih baik cepat diganti karena memaksakan baterai accu bukan hal yang baik.
  3. Rutinlah memerikas rantai dan juga gir. Jangan biarkan rantai terlalu kendo ratau kencang. Jika terlalu kencang bisa mengakitbatkan putusnya rantai, sedangkan jika terlalu kendora bisa membuat rantai copot dari girnya. Cek juga kondisi girnya, jika memang sudah terlalu tajam sebaiknya diganti saja, karena sangat berbahaya, bisa menyebabkan putus ditengah jalan.
  4. Perhatikan kabel koil dan busi. Anda juga perlu memperhatikan kabel koil yang menghubungkan arus listril ke busi. Ganti kabel yang sekiranya sudah terlihat cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa cek keberadaan busi karena busi juga menjadi komponen yang penting bagi sebuah kendaraan.
  5. Periksa tekanan angina ban. Usahakan jangan terlalu kerasa dan juga jangan terlalu kurang tekanan anignnya karena bisa menyabbakan kembang ban motor rusak.

Baca juga artikel Bajaj Pulsar 200NS  Sekian infomasi yang kami berikan mengenai cara merawat motor yang harus anda perhatikan. Semoga bisa menjadi hal yang bermanfaat untuk anda dan selamat membaca.